Membuat Password yang Kuat

Password merupakan sebuah kata kunci yang digunakan untuk membuka sebuah akun. Password terdiri dari beberapa karakter baik itu huruf, angka, maupun symbol yang tertera pada keyboard. Kombinasi password yang baik akan memberikan sebuah predikat strong dari situs yang menfasilitasi layanan password untuk membuka akun. Strong diartikan sebagai tingkat keamanan akun lebih tinggi dan kemungkinan terjadinya sebuah hacking lebih kecil dilakukan oleh para cyber internetworking yang setiap saat bisa mengancam keberadaan akun Anda.


Berdasarkan alas an diatas, penulis akan menyajikan beberapa kriteria sebuah password akun yang dikatakan memiliki kredibilitas tinggi dan lebih mempersempit kemungkinan terjadinya hacking akun Anda. Syarat-syarat yang ada ini sangat kami rekomendasikan bagi para pembaca semuanya.

1. Password tersusun lebih dari 8 karakter.
8 buah karakter (spasi termasuk karakter) merupakan sebuah jumlah atau kuantitas dari sebuah password yang baik. Jumlah 8 karakter ini merupakan kuantitas yang standart. Jika password Anda terdiri kurang dari 8 karakter, maka kami rekomendasikan Anda untuk mengubahnya ke password yang berjumlah lebih dari 8 karakter.

2. Password tersusun dari huruf, angka, dan simbol.
Contoh susunan password yang berupa huruf, angka dan symbol sebagai berikut:
- Huruf: a, b, c, d, e, f, …. dst.
- Angka: 0, 1, 2, 3, 4, 5, … dst.
- Simbol: !, @, #, $, %, ^, &, … dst.
Dengan kombinasi dari ketiga macamnya, maka semakin kuat pula password yang terbentuk.

3. Format Case Sensitif
Case Sensitif bisa diartikan sebagai diperhitungkannya capital dan tidak kapitalnya sebuah karakter. Lebih jelasnya adalah penggunaan karakter (huruf) dengan memperhatikan besar tidaknya huruf. Sebagai contoh adalah password mboir, berbeda dengan Mboir. Keberbedaanya terletak pada huruf M, dimana yang satu capital, dan yang satunya non-kapital.

4. Gunakan kata yang mudah dalam password agar mudah diingat.
Sebagai contoh dalam pembuatan password yang kuat adalah tempat tanggal lahir. Pasti jika Anda menggunakan password ini akan terjamin keamanannya.
Contoh Password: Banyuwangi,13-10-1989
Password diatas terdiri dari 21 karakter dan tersusun dari huruf, angka, dan symbol serta sudah case sensitif.

5. Ganti Password secara berkala
Ganti password secara berkala merupakan sebuah strategi yang mampu mengamankan akun Anda. Hal ini direkomendasikan kepada pemilik akun maupun pemilik kartu kredit atau ATM.

Untuk itu, silahkan Anda ganti password akun Anda dengan yang baru jika kriteria-kriteria yang penulis sajikan tidak sesuai dengan keadaan password Anda.

Komentar