Custom ROM Terbaik Untuk Lenovo A536

Perlu diketahui bersama bahwa setiap ponsel pasti memiliki bugs atau kelemahan sendiri-sendiri. Tak terkecuali pada ponsel Lenovo A536 yang dirilis kuartal ke-3 tahun 2014 lalu. Sebelum penulis sebutkan kelemahan-kelemahan tersebut, akan penulis tunjukkan ulang spesifikasi dari smartphone Lenovo A536.

Lenovo A536

LENOVO A536 SPESIFIKASI

BODY Dimensions - 139.6 x 72 x 10 mm (5.50 x 2.83 x 0.39 in)
Weight - 148 g (5.22 oz)
Dual SIM (Mini-SIM, dual stand-by)
Size - 5.0 inches (~68.5% screen-to-body ratio)
PLATFORM OS - Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Chipset - Mediatek MT6582M
CPU - Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
Internal - 8 GB, 1 GB RAM
CAMERA
- Primary - 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
- Secondary - 2 MP
COMMS WLAN - Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth - v4.0
Radio - FM radio
USB - microUSB v2.0
Messaging - SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BATTERY - Li-Po 2000 mAh battery

Pada saat ini, spesifikasi dari Lenovo A536 sangatlah mencukupi untuk kebutuhan standar seperti sosmed dan aplikasi chatting lain. Hanya saja dalam kondisi standar menggunakan ROM bawaan, ponsel ini sedikit berat untuk digunakan untuk nge-game dan menjalankan aplikasi-aplikasi besar lainnya. Berikut penulis sebutkan beberapa kelemahan Lenovo A536 saat menggunakan Stok ROM (ROM bawaan).

  1. Memori cepat penuh saat digunakan untuk menjalankan aplikasi BBM contohnya.
  2. Sinyal pada SIM 2 tidak stabil atau cenderung naik-turun.
  3. Sering terjadi unplug audio saat menggunakan headset. Sehingga tiba-tiba suara audio-nya menjadi hilang-muncul terus-terusan.
  4. Tidak dilengkapi dengan aplikasi FlashLight untuk menyalakan lampu kamera belakang sebagai senter penerangan cahaya.

Dengan adanya kelemahan-kelemahan tersebut, tentunya akan membuat kita merasa kurang nyaman. Karena itu, solusi yang penulis tawarkan adalah dengan cara mengganti Stok ROM dengan Custom ROM dari Lenovo A536.

Setelah gabung dengan forum Facebook Lenovo A536, dan mencoba-coba dari berbagai CusROM yang dibagikan oleh para ahli oprek, akhirnya penulis bertahan pada CusROM Galaxy A7. Menurut abang Ronald Tambunan (selaku pengoprek CusROM), CusROM ini dibuat dengan mengadopsi dari ROM milik ponsel Samsung A7 SuperCopy. Dan alhasil setelah disesuaikan (porting) pada A536, penulis menilai CusROM ini yang paling bagus dan bisa mengatasi semua kelemahan yang disebutkan sebelumnya. Karena itu, penulis sangat merekomendasikan Anda para pengguna Lenovo A536 untuk menggunakan CusROM ini.

TUTORIAL: Cara menginstall CusROM Galaxy A7 di Lenovo A536

Thank Ronald Tambunan

Komentar

  1. Ok bagus jga d Lenovo a536 cocok banget cmn cma bug d kameranya ga bsa depan belakang....tks bos castoom nya bagus banget klo ada yang lbh baru kabrin lagi ya he he he tks smoga sukses slau

    BalasHapus

Posting Komentar

Beri komentar sebagai wujud partisipasi Anda...
Blog ini sudah berformat DO FOLLOW...
Terima Kasih...