Cara Mengatasi Lenovo A536 Bootloop dengan Flashing Ulang

Bootloop adalah istilah dimana smartphone Android Anda tidak bisa masuk ke dalam sistem setelah di restart atau reboot. Tandanya yaitu berupa tampilan logo ponsel yang tidak kunjung usai selama beberapa menit, sebut saja kalau lebih dari 5 menit tidak masuk ke sistem berarti itu resmi bootloop.

Hal-hal yang menyebabkan bootloop sangat bermacam-macam, tapi yang jelas ada kesalahan modifikasi sistem yang dilakukan sebelumnya. Jadi untuk Anda yang suka ngoprek smartphone, mohon hati-hati dan cari info sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum mengotak-atik.

Bila Anda menggunakan smartphone Lenovo tipe A536 yang spesifikasi menengah. Cara mengatasi bootloop dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.


Download Alat dan Bahan:

StockROM Firmware versi S147 (943 Mb)

Komputer/PC Windows


Instal StockROM S147

1. Ekstrak file hasil download tadi pada PC, dan akan ditemukan 2 folder SP_Flash_Tool_v5.1352.01 dan Target_bin

2. Dianjurkan, tutup semua aplikasi dan restart komputer Anda terlebih dahulu

3. Buka folder SP_Flash_Tool_v5.1352.01 dan jalankan file flash_tool.exe

4. Klik tombol kuning Scatter-Downloading lalu cari alamat Target_bin tadi dan pilih file MT6582_Android_scatter

5. Hilangkan centang PRELOADER

6. Klik tombol Download (Panah Hijau)

7. Matikan ponsel Lenovo A536 Anda (hilangkan centang Fast Bootup), lepas baterai, lalu pasang lagi (memastikan agar ponsel benar-benar sudah power off)

8. Menggunakan kabel USB, colokkan kabel tersebut ke PC dan tunggu proses instalasi driver selesai kemudian proses flashing akan berjalan

Flashing StockROM Firmware S147 Lenovo A536

9. Muncul logo kotak centang hijau, menandakan bahwa proses flashing sudah selesai. Rata-rata berjalan selama 5-10 menit.

Komentar